Nasi Bakar

Nasi bakar disebut juga nasi buri dalam bahasa Sunda. Nasi bakar merupakan produk proses lanjutan dari nasi yang diolah dengan cara dibumbui atau dirempah-rempah, kemudian  dibungkus daun pisang dan dibakar diatas api. Pembakaran tidak sampai tersentuh api. (Catatan penting: It is baked, not burnt. Kalau burnt & hangus bisa menjadi karsinogen - pemicuh kanker lho).  
Nasi bakar begitu dibuka dari bungkusnya mempunyai aroma khas yang membuat orang lapar menelan ludah. Kalau disuapkan ke mulut dan dikunya perlahan-lahan, rasanya lebih legit, lebih wangi dan lebih enak daripada nasi biasa. Kalau tidak percaya, silahkan mencoba sendiri !!!
Nasi bakar mulai terdengar sejak tahun 2000. Beberapa orang baru kali ini membaca atau mendengarnya. Kapan pertama kali produk ini diluncurnya, itu tidak tercatat dalam sejarah kuliner Indonesia.Yang jelas nasi itu identik dengan makanan pokok khas Indonesia (can't live without it). Sekarang nasi bakar mulai banyak ditemui di kota Bandung dan Jakarta. Ini menjadi makanan khas yang 'Indonesia banget'. Jadi bolehlah dengan bangga, kita perkenalkan kepada yang belum mencoba atau orang asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar